Kini Orang Cari Adidas Buatan Indonesia


Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto, mengatakan industri sepatu memang pernah hijrah dari Indonesia ke Vietnam. Namun sekarang sudah masuk lagi ke Indonesia. Hal ini disampaikan Airlangga dalam dialog bersama para pemimpin redaksi media nasional, di Jakarta, Kamis malam (14/12/2017).

"Tetapi Nike masuk lagi ke Indonesia. Khusus footwear sama clothing itu bagi Nike, bagi Adidas, bagi Reebok dan yang lain, Indonesia ini produsen nomor 6 di dunia, dan kita sekarang sudah bisa melampaui China," terang Airlangga. "Jadi kalau kita lihat di Kudus, daerah Semarang itu, kita ini besar," sambung Airlangga.

Airlangga menjelaskan, di Jepang, merek sepatu Adidas, Onitsuka itu dibuatnya di Indonesia. Di sisi lain orang Indonesia kadang tidak menyadari merek-merek sepatu itu dibuat di negaranya.

"Jadi kalau masalah Adidas, Onitsuka, dan yang lain memang di Jepang sendiri ingin membeli sepatu buatan Indonesia. Kadang orang Indonesia kadang enggak sadar bahwa itu buatan Indonesia dan kualitasnya juga besar," katanya

Dia menambahkan, Indonesia itu memiliki kekuatan di produk tekstil hingga alas kaki, dan berorientasi ekspor. "Kita punya kekuatan di textile, clothing, dan footwear," tutur Airlangga. (fdc)