Beranda

Pelatihan Enterpreneur

Pelatihan Enterpreneur Menambah Nilai Lilin


Kurang lebih 50 orang pengurus koperasi wanita se Kabupaten Malang mengikuti pelatihan singkat cara membuat lilin hias di Gedung KUD Pakis di Jalan Asri Katon pakis Kabupaten Malang. Seperti namanya, tujuan pelatihan kali ini adalah menumbuhkan kreativitas peserta dalam membuat lilin hias. Pelatihan ini juga dapat menumbuhkan jiwa enterpreneur pada pesertanya, karena dengan membuat lilin hias, mereka dapat membuat nilai jual yang lebih pada lilin.

Pelatihan dilakukan pada hari Jum:at  tanggal 1 April 2016, di Aula KUD Pakis Kabupaten Malang, dalam pelatihan ini dengan intruktur  Sulistyo Purbaningrum  ( Lilin Cantik Pijar Mas ) Perum Pakunden D1no.7 Tanjung Sari Kota Blitar.

Sebelum kegiatan dimulai, para peserta diberikan pengarahan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Malang  Suko Wiyono.SH.MM dalam pengarahan kepala Dinas mengatakan dengan pelatihan singkat ini kami berharap  para peserta bisa menumbuhkan kreativitasnya dalam membuat lilin hias. Pelatihan ini juga dapat menumbuhkan jiwa enterpreneur pada pesertanya, karena dengan membuat lilin hias, mereka dapat membuat nilai jual yang lebih pada lilin. Di samping itu ketrampilan yang bisa menjadikan uang ini  bisa di di ajarkan kepada keluarga atau tetangga terdekat.

Setelah semua peserta siap, Ningrum selaku instruktur, memberi tahukan alat dan bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan hanya parafin, sumbu, sandy (pewarna), gas/minyak tanah. Peralatan yang digunakan diantaranya, kompor, cetakan, panci, loyang.irus  dan lain-lain.

Sambil mempraktekan didepan ibu ibu, Ningrum juga menjelaskan hal apa saja yang harus dilakukan dalam pembuatan lilin hias. Ibu ibu harus hati-hati ya, karena parafin yang dicairkan mempunyai suhu yang cukup tinggi, sehingga akan sakit bila terkena kulit kita” . Hal ini memang harus dijelaskan dari awal agar ibuibu melakukannya dengan tertib dan hati-hati.

Setelah menerima penjelasan dari Instruktur , ibu ibu  mencoba sendiri kreasinya. Untuk karya pertama ibu ibu membuat lilin hias yang menggunakan cetakan. Sesuai dengan arahan  Instruktur. Ibu ibu  tampak antusias dan bersemangat dalam membuat lilin hias. Dari raut muka nya mereka tampak senang  mengerjakan pekerjaan ini.

Inilah gambaran pelatihan lilin hias yang dilaksanakan oleh UPT Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur di Karang Lo Malang agar semua Anggota maupun Pengurus Koperasi Wanita yang ada dalam binaanya bisa benar benar mandiri dan bisa menjadi enterpreneur sejati.

Tangan-tangan kreatif ibu ibu ini pasti akan lebih bermanfaat dengan pelatihan semacam ini. Mereka bangga karena mampu berkarya. Dan orang terdekat mereka  juga pasti bangga, karena  mereka mampu berkreasi dalam hal yang positif. (Sid)